Workshop Implementasi Industri 4.0

Dalam rangka implementasi Industri 4.0 di Indonesia, Kementerian Perindustrian menyelenggarakan rangkaian workshop untuk memperkenalkan Industri 4.0 kepada masyarakat industri. Salah satu rangkaian workshop Industri 4.0 oleh Kementerian Perindustrian dilaksanakan pada tanggal 18 April 2017 lalu. Workshop dengan tema “Industry 4.0 Implementation in Indonesia” ini mengundang lebih dari 100 (seratus) perusahaan industri di Indonesia.

Dilansir dari website Kementerian Perindustrian, “Inovasi dan perubahan terhadap model bisnis yang lebih efisien dan efektif merupakan bagian hasil penerapan industri 4.0. Revolusi industri ini akan mempercepat peningkatan daya saing sektor industri nasional secara signifikan,” kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto pada Seminar Nasional Implementasi Industri 4.0 di Jakarta, Selasa (18/4).

Menperin yakin dengan diterapkan inovais dari industri 4.0, posisi Indonesia bisa naik menjadi urutan ke-39 dunia. Inovasi itu, misalnya penerapan Information Communication Technology (ICT) di sektor industri, yang memanfaatkan sistem online document approval untuk mengontrol penyelesaian pekerjaan. Teknologi tersebut memberikan penghematan dalam penggunaan waktu dan biaya sehingga produk yang dihasilkan lebih murah dan mampu bersaing di pasar domestik maupun global.

“Kami juga mendukung penuh kemajuan ICT untuk digitalisasi data dan konten untuk menaikkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN),” papar Airlangga.

Dalam hal ini, Sangkuriang Internasional sebagai salah satu perusahaan IT Solutions di Indonesia juga dituntut untuk terus melakukan inovasi dalam rangka mendukung penerapan  Information Communication Technology (ICT) di sektor industri. Sangkuriang Internasional dengan beberapa produknya seperti, Big Data, Business Intelligence, Cloud, dan Virtual Reality/Augmented Reality siap untuk mendukung Industri 4.0 kedepannya.

Sangkuriang Internasional menjadi peserta Area Tematik dalam Workshop of Industry 4.0 Implementation in Indonesia

 

 

Leave A Comment